Minggu, 10 Maret 2013

CHAPTER 1 : Pengantar Sistem Informasi


CHAPTER 1 : Pengantar Sistem InformasiKomputer pertama yang disebut mainframe, berukuran sangat besar dan hanya mampu dimiliki oleh perusahaan-perusahaan terbesar. Inovasi di bidang teknologi piranti keras telah memungkinkan adanya komputer yang kecil dan kuat. IBM (International Business Machines) menanamkan komputer mikronya sebagai personal computer atau PC, dan nama itu kemudian dikenal tidak hanya untuk komputer-komputer IBM, namun juga untuk komputer-komputer yang diproduksi oleh pihak-pihak lain. Istilah Personal Computer bukan sekedar istilah yang bagus saja ia juga menggambarkan rasa kepemilikan yang dimiliki oleh manajer setelah mereka dapat mengakses dan memanipulasi data mereka sendiri. Salah satu ukuran yang baik dari pesatnya inovasi di bidang teknologi piranti keras adalah Hukum Moore, yang menyatakan bahwa kekuatan sebuah komputer akan meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan. Konsekuensi dari Hukum Moore adalah bahwa dalam waktu 30 tahun komputer di meja Anda akan menjadi jutaan kali lipat lebih kuat untuk harga yang sama.


Arsitektur dari sebuah komputer (CPU, RAM, penyimpanan data, dan fitur-fitur lain) akan tetap sama untuk beberapa waktu mendatang. Tetapi implikasi dari meningkatnya kekuatan, mengecilnya ukuran, meluasnya komunikasi, dan turunnya biaya komputer mikro, tidak dapat diabaikan begitu saja. Kemajuan-kemajuan di bidang teknologi memungkinkan pengguna mengakses lebih banyak data secara lebih cepat, dan kemudian menganalisisnya dengan teknik-teknik analisis yang canggih. Kekonstanan arsitektur komputer memastikannya akan tetap dikenali, yang artinya manajer hanya perlu memahami bagaimana cara menggunakan peningkatan kekuatan komputer tersebut untuk keuntungan mereka.

Teknologi komunikasi juga telah mengalami perubahan dramatis. Saat ini, tren menuju ke arah teknologi nirkabel. Kekhawatiran utama dalam hal komunikasi nirkabel adalah masalah keamanan. Banyak pengguna tidak mempergunakan fitur-fitur keamanan yang mereka miliki. Para pabrikan peralatan komunikasi nirkabel telah mulai menerapkan fitur-fitur yang secara otomatis menyalakan pilihan-pilihan keamanan.

Sistem informasi adalah suatu sistem virtual, data mereka mencerminkan sistem fisik dari sebuah perusahaan. Bisnis adalah sistem terbuka, karena mereka berinteraksi dengan lingkungan mereka.
Sistem informasi yang pertama menjalankan fungsi-fungsi akuntansi perusahaan dan disebut sistem pemrosesan transaksi (transaction processing system). Setelah sistem ini terpasang, perusahaan mengalihkan perhatiannya pada penggunaan sistem komputer untuk menyediakan informasi kepada manajer. Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau Management Information System (MIS) lalu dikembangkan untuk memberikan dukungan kepada kelompok-kelompok besar manajer, atau kemungkinan seluruh manajer di perusahaan. Pengenalan SIM disertai dengan munculnya aplikasi-aplikasi berorientasi kantor yang mengalami evolusi, menjadi apa yang dikenal saat ini sebagai kantor virtual. Sistem pendukung pengambilan keputusan atau decision support system (DSS) lau dikembangkan untuk membantu satu atau beberapa orang manajer melakukan pengambilan keputusan tertentu. Pendekatan ini begitu suksesnya sehingga diperluas menjadi ikut memasukan pemecahan masalah kelompok, dan fitur-fitur baru, termasuk kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan pemrosesan analitis secara online, mulai disertakan ke dalam sistem-sistem ini.  Sistem perencanaan sumber daya perusahaan atau enterprise resource planning system (ERP) juga telah dikembangkan untuk menintegrasikan seluruh sistem-sistem terpisah ini ke dalam satu keseluruhan sistem guna mengelola seluruh operasi perusahaan.
Sistem informasi digunakan oleh para manajer, nonmanajer, profesional, dan orang-orang di luar perusahaan. Manajer dapat ditemukan di berbagai tingkat manajemen dan di beberapa area bisnis. Manajer mengambil keputusan untuk memcahkan masalah ketika mereka melaksanakan fungsi-fungsi dan memainkan peranan tertentu. Informasi yang diberikan kepada manajer adalah paling efektif ketika ia mengetahui dan mendukung fungsi dan peranan-peranan ini.
Memahami teknologi dan dampaknya pada pengambilan keputusan merupakan suatu hal yang sangat penting artinya bagi manajemen yang baik. Anda akan cukup lama berada dalam angkatan kerja untuk melihat perubahan-perubahan menakjubkan yang terjadi di dalam teknologi. Keahlian spreadsheet dan pengolah kata yang dipelajari adalah suatu yang berharga, tapi kemampuan untuk beradaptasi dan memanfaatkan teknologi dalam pengambilan keputusan esok hari memiliki arti yang jauh lebih penting.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar