Minggu, 07 April 2013

CHAPTER 5 : Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi


CHAPTER 5 : Sumber Daya Komputasi dan KomunikasiArsitektur sistem komputer dasar meliputi prosesor, memori, dan ruang penyimpanan. Komponen-komponen ini bekerja sama untuk memasukan, memanipulasi, dan mengeluarkan informasi. Prosesor mikro di  dalam komputer mikro sangatlah cepat, dan kekuatan mereka menjadi berlipat ganda setiap 18 bulan.



Sama pentingnya dengan peningkatan kekuatan komputer, interaksi antara pengguna dan komputer juga telah lebih intuitif. Peningkatan yang dialami oleh pilihan-pilihan input dan output memeberikan para manajer berbagai kemungkinan melakukan interaksi komputer. Sebagian dari kemajuan-kemajuan ini, difasilitasi oleh meningkatnya kekuatan dan kemampuan penyimpanan komputer-komputer mikro yang terakhir. Gambar-gambar, suara, video, dan pilihan-pilihan input serta ouput lainnya ditambahkan pada keyboard, mouse, layar komputer, dan printer standar. Pengaruh ini memiliki dampak yang mendalam dan tidak selalu dapat terlihat jelas. Jika seorang dapat menggunakan sebuah icon untuk mewakilisatu tindakan komputer, maka pengguna tidak harus dapat membaca bahasa yang sama atau bahkan dapat membaca sama sekali. Beragam pilihan ini membantu menjembatani komunikasi antar pengguna dengan bahasa nasional yang berbeda-beda dan bahkan juga meliputi para pengguna muda yang belum belajar membaca. Pilihan-pilihan baru telah membuat pengambilan keputusan yang dibantu oleh kommputer menjadi lebih komprehensif bagi bermacam-macam kelompok demografis.
Piranti lunak juga mengalami evolusi. Hal ini mencerminkan semakin banyaknya pendapat yang mengatakan bahwa bantuan komputer adalah bagian dari proses pengambilan keputusan para manajer modern. Manajer menginginkan piranti lunak yang mengendalikan alat-alat piranti keras, menjaga keamanan data,   memengkinkan banyak pengguna berbagi sumber daya yang sama, dan dapat dipergunakan tanpa memerlukan pelatihan khusus. Tidaklah tepat berkata bahwa piranti lunak menjadi lebih “mudah digunakan pengguna”, piranti lunak telah dirancang dengan semakin baik untuk memenuhi kebutuhan dan kemampuan para manajer.
Komputer dapat bertindak sebagai sumber daya yang berdiri sendiri,namun kekauatan mereka sebagai alat bisnis mengalami peningkatan yang sangat besarketika mereka berbagi data. Komunikasi data dapat terjadi dari satu komputer ke komputer yang lain baik itu secara langsung melalui koneksi jaringan atau melalui jaringan sistem telpon publik. Piranti keras komputer berkomunikasi jauh lebih cepat dari pada piranti keras telepon. Ini berarti transmisi data komputer yang berjalan melalui sistem telpon publik berjalan lebih lambat daripada transmisi yang tidak mempergunakan sistem telpon.
Jaringan dimulai sebagai koneksi dari komputer ke satu terminal yang berada beberapa jarak dari komputer. Terminal tidak memiliki prosesor dan ruang penyimpanan, ia hanya memasukan dan mengeluarkan data. Pemindahan data komputer ke komputer yang lainlebih sulit untuk dilakukan karena masing-masing komputer memiliki satu sistem operasi yang mengendalikan akses ke sumber-sumber dayanya sendiri. Jaringan adalah piranti keras dan piranti lunak yang bertindak sebagai perantara di antara komputer untuk memungkinkan dibaginya sumber-sumber daya komputer.
Jaringan area lokal (local area network) adalah jenis jaringan yang pertama. Jaringan ini memiliki keterlibatan pada jarak yang diperkenankan diantara sumber daya komputer, namun mereka memberikan pengaruh yang mendalam pada manajemen. Para pekerja bergantung pada data berbasis komputer untuk pengambilan keputusan, dan ketika para pekerja  dapat dengan mudah berbagi data berbasis komputer,maka perusahaan akan mendapat keuntungan.
Komunikasi membutuhkan standar, karena berbagai perusahaan pembuat piranti keras komputer dan telpon harus memiliki penyajian data yang sama dan dapat di pahami yang bergerak di sepanjang media komunikasi. Standar-standar sistem telpon diciptakan untuk komunikasi suara, dan komunikasi ini dapat terjadi dengan menggunakan koneksi analog yang bermutu rendah. Walaupun begitu, media komunikasi tingkat suara tidak selalu cukup dapat diandalkan untuk komunikasi data diantara komputer, sehingga dibutuhkan standar-standar baru. International Organization for Standardization mencipatakan standar-standar Open System Interconnection untuk komunikasi data yang kita pergunakan sekarang.

0 komentar:

Poskan Komentar