Minggu, 24 Maret 2013

CHAPTER 3 : Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)


CHAPTER 3 : Menggunakan Teknologi  Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)
Perusahaan pada umumnya menerapkan e-commerce dengan maksud untuk memperbaiki layanan pelanggan, mempererat hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan, dan meningkatkan imbal balik kepada pemegang saham dan pemilik investasi.
E-commerce B2B (business to business) merupakan kekuatan pendorong transaksi bisnis yang signifikan dan sedang berkembang. Pada beberapa segmen industri, seperti manufaktur peralatan transportasi dan distribusi obat, sekitar setengah dari seluruh penjualan dihasilkan melalui e-commerce. E-commerce B2C (business to consumer) menyumbang sekitar 2 persen dari seluruh penjualan ritel, tetapi meskipun begitu ia mencerminkan penjualan ritel sebesar lebih dari $69 miliar pada tahun 2004.

Basis data komersial dapat memberikan sumber data sekunder yang kaya. Akan bijaksana jika perusahaan mengambil keuntungan dari sumber-sumber daya publik dan nirlaba. Penentuan basis data yang terbaik akan dipengaruhi oleh area bisnis perusahaan maupun tanggung jawabnya.
IOS terdiri atas sekutu-sekutu dagang. Perusahaan bergabung dalam IOS untuk mendapatkan keuntungan efesiensi komparatif, yang terdapat dalam bentuk internal maupun interorganisasional, dan untuk meningkatkan kekuatan penawarannnya, yang diperoleh dari fitur-fitur produk yang unik, pengurangan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, dan meningkatnya biaya perpindahan.
Satu cara untuk membuat IOS adalah melalui pertukaran data elektronik (electronic data interchange – EDI) melalui aliran-aliran data yang paling umum yang menghubungkan perusahaan dengan para pemasoknya. Perusahaan terdorong untuk menerapakan EDI karena tekanan kompetitif, penggunaan kekuasaan, kebutuhan internal, dan dukungan manajemen puncak. Manfaat langsung EDI seperti pengurangan kesalahan, biaya yang lebih rendah, dan efisiensi operasional yang meningkat menghasilkan manfaat-manfaat tidak langsung seperti peningkatan kemampuan untuk bersaing, perbaikan hubungan dengan para sekutu dagang, dan layanan pelanggan yang lebih baik. EDI adalah metode yang paling sering digunakan untuk membuat IOS namun, metode-metode berbasis Web kini menjadi semakin populer.
Jaringan komunikasi data yang menghubungkan sekutu-sekutu dagang dapat dicapai dengan konektivitas langsung dimana carrier umum memberikan sirkuitnya. Internet adalah sauatu jaringan global dari banyak jaringan. Navigasinya difasilitasi oleh World Wide Web. Meskipun internet dan Web menawarkan potensi yang besar, namun terdapat peluang untuk disalahgunakan.
Perusahaan menggunakan Internet dalam banyak hal. Ekstranet memiliki arti penting karena memungkinkan para pengguna yang dipercaya di luar batas organisasi untuk mengakses program dan data pada jaringan organisasi. Aplikasi yang lainnya disebut Intranet, yang terdiri atas transmisi-transmisi di dalam perusahaan dan piranti lunak browser yang terkait dengan Web tetapi dengan keamanan yang hanya memperkenankan akses bagi para pengguna di dalam jaringan organisasi. Rumah sakit dapat mempergunakan Internet untuk melaksanakan pembelian secara online, dengan mengunakan suatu bursa perdagangan klinik. Peritel dapat mempergunakan Internet untuk mempromosikan produk-produknya dan, dalam beberapa kasus mengirimkan produk digital kepada pelanggan. Hampir semua perusahaan dapat menggunakan internet untuk mendukung proses-proses yang dimilikinya.     

1 komentar: